Meraungnya sang Macan (TIGER)

31 Mei 2012 pukul 22.04 | Ditulis dalam trik and tips | 4 Komentar
Tag:

Assalamu’laikum…
Sesuai dengan judul diatas, pernahkah Anda mengalaminya?
Hal ini sering terjadi pada simacan (honda Tiger) serta tunggangan besi lain yang masih mengusung sistem bahan bakar dengan karburator yang usia pakainya sudah lebih dari 3 tahun keatas.

Yupz…
Kadang kita mengalami hal hal yang sering bikin jengkel jika tunggangan biker ketika kita betot dalam RPM lebih tinggi dan akan menambah gigi malah menggerung dan putaran mesin ndak mau turun alias nyangkut atau tertahan..πŸ™‚
Ada beberapa hal yang sering membuat hal ini terjadi dan kebanyakan terjadi pada skep karburator dan dikarburatornya lah…..πŸ˜€
Ayo dibedah satu satu penyebabnya….

  • Trotle valve/ bodi skep udah aus atau kotor.
Hal ini bisa menyebabkan ketidak stabilan mesin saat putaran idle/ langsam dan jikapun skep dalam keadaan kotor dapat menyebabkan skep macet dan akan membuka gas terus….
  • Setelan udara / air screw terlalu kecil

Hal ini dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara dalam karburator akan kaya dan menyebabkan bahan bakar boros serta tersisa pada kepala silinder.

  • Jarum skep aus

Hal ini bisa menyebabkan putaran mesin tidak mau langsam karena gas bocor melalui jarum skep yang aus tersebut dan sebaiknya ganti.

  • Setelan katup isap

Yupz. setelan katup isap ini dapat menyebabkan teriaknya si macan jika setelan terlalu rapat. Karena tekanan berlebih dari rocker arm (pelatuk) serta terlalu lamanya katup membuka dan tertutup dan juga dapat mengakibatkan campuran kaya. Penyetelan klep standar Honda Tiger adalah :

  • Katup in 0,14 mm
  • Katup ex 0,16 mm

Disini juga aku tambahin deh sedikit penyebab bahan bakar boros..

  1. Situasi jalan yang ramai..
  2. situasi jalan yang menanjak, berlobang dan rusak..
  3. Cara pakai kendaraan, kurang service..
  4. Suhu kendaraan serta suhu lingkungan..
  5. Kondisi fisik motor..

Dan juga kiat kiat menghemat bahan bakar..

  1. Tutup grip gas seirama putaran mesin..
  2. Jangan terlalu banyak engine brake..
  3. Hidarkan nge-rem sambil nge-gas….
  4. Jangan geber (mlayerr) saat lampu merah..
  5. Jangan terlalu lama memanasi mesin..
  6. Dan servic lah berkala…

Semoga aja bermanfaat…

dikutip dari berbagai sumber…πŸ™‚

Salam blogger Indonesia………..

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. salam, kenal dari tiger itemπŸ˜€

    • Sami sami pak,. salam kenal ugiπŸ™‚

  2. lanjut mas nulis e πŸ™‚

    • Siap kang…
      berusaha dan masih tetap butuh arahan. hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: