Sepeda tanpa ngenjot (Surya sel)

7 Juni 2012 pukul 06.36 | Ditulis dalam Uncategorized | 10 Komentar

Assalamu’alaikum..

Langsung aja dah tanpa basa basi lagi aku mo berbagi aja apa yang pernah aku lihat.🙂

Sepeda listrik dengan pengisian memakai surya sel ini adalah kreasi anak-anak SMK Surabaya ( Lupa SMK mana tapi )😀 Yang merasa ngaku aja gak apa kok:mrgreen:

Kemaren kan aku postingin tuh kreasi anak SMK Surabaya yang aku dapetin pas jalan jalan ke Jatim Expo. Nah, kali ini aku sedikit bagi bagi gambar lagi deh untuk sepeda suryanya…

Dulu kita sering kan dengan hanya bermodal sepeda genjot kita dibikin capek dan ber kucuran keringat jika perjalanan yang ditempuh jauh apa lagi ditambah terik matahari. Duh terbayang kan bagaimana rasanya????

Nah, pasti Anda semua juga pernah denger kan namanya sepeda surya?? Itu tuh, sepeda listrik yang pengisiannya hanya dengan bantuan sinar matahari. Pasti tau lah, wong kalian aja udah pada pinter-pinter kok…🙂

Kita tinggal duduk dan santai aja menikmati pemandangan dan mengemudi sesuai keinginan kita dan sepedapun berjalan dengan sendirinya:mrgreen:

Berjalannya sepeda karena bantuan motor listrik yang disuplai arus dari aki sebesar 12 volt inilah rahasianya semuanya. Baterai sendiri dapat diisi dengan dua cara yaitu dengan dicolokkan ke arus listrik PLN serta pemanfaatan surya sel itu sendiri. Untuk pengecassan (charger) ke listrik PLN memerlukan 6-8 jam (malam kan enak sambil ditinggal tidur aja🙂 ).

Sistem pengisian surya mengunakan arus AC yang dirubah ke arus DC untuk disimpan pada baterai kemudian ketika dipakai untuk menggerakkan motor listrik arus pun dikonversi kembali menjadi arus AC (bolak-balik)

Oh iya,..i….tu gambar semua aku dapet pas ada pameran di Jatim Expo di stand SMKN 7 Surabaya yang katanya bekerja sama dengan CV. Aneka Surya. Baru inget😀

Semoga bermanfaat ya, sekian dulu…🙂

Wassalamu’alaikum.

Salam Blogger Indonesia……….

10 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. sing penting jangan mpe lowbet batrewnya hehe

    • kalo low bet masih ada alternatif genjot kaki ne alias by sikil.🙂

    • ini kan ane nanya sama penjaga standnya mas, katanya begitu kok. tapi malah ribet ya??🙂

  2. sayangnya energi alternatif belum didukung pemerintah dan pihak yang berkompeten masih tergantung sama bahan bakar fosil😦

    • betul sekali, pemerintah hanya sibuk ngurusi parpol dan perut masing-masing😦

  3. cara kerja sepeda surya gimana gan??? tolong di jelasin yyaa..makasi..🙂

    • prinsipnya sih ada solar cell buat nangkep sinar matahari dan panasnya dirubah menjadi listrik dan disimpan ke baterai. dari baterai untuk menggerakkan dinamo/ motor buat jalanin roda.
      simpel kok…..🙂

  4. kren gan kreatiff ,,, kembangin dong

  5. pakai tenaga surya ya gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: