Banjir bensin pada motor batangan serta motor kran manual

14 Juni 2012 pukul 09.09 | Ditulis dalam trik and tips | 33 Komentar

Assalamu’alaikum….

Sobat semua yang mempunyai motor batangan alias motor sport versi lawas seperti Megapro, Thunder, Tiger, GL, dan lain-lainnya lah yang sesuai jamannya yang masih mengaplikasikan kran bensin manual (intinya belum memakai pompa vacum/diafragma)๐Ÿ™‚

Sering kan yang mengalami banjir bensin tiba-tiba ketika motor diparkirkan dalam waktu lama ?

Nah usut punya usut bahwasannya bahan bakar yang terdapat dalam karburator itu meluap dan melebihi batas dari pelampung pada karburator dan bahan bakarpun keluar lewat lubang buang ataupun bisa meluber kesemua bagian karburator.

Masalahnya sih simple saja kok yaitu jarum pelampung itu rusak. Yupz, jarum pelampung atau bahasa sononya disebut Ventilator.ย Jarum pelampung ini rusak karena ย bahan bakar dari tangki terus mendesak ke karburtor karena gaya gravitasi.

Karena bahan bakar terus terdorong ke karburator melewati jarum pelampung ini maka makin lama komponen inipun akan rusak, apalagi jika didiamkan dalam waktu lama dan kran bensin tidak ditutup maka bahan bakar akan terus mendorong dan terjadilah kerusakan setempat.๐Ÿ™‚

Nah, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya pemilik kendaraan yang masih mengaplikasikan kran bensin manual ini jika ditinggal dalam waktu yang relatif lama lebih baik ditutup agar komponen dalam karburator khususnya jarum pelampung (ventilator) bisa lebih awet.

Tapi kebanyakan orang kita itu pemalas ( contohnya saya sendiri):mrgreen:

dan sering melupakan hal hal tersebut, maka produk produk motor yang lebih terbaru kebanyakan dan sebagian besar telah menggunakan pompa vacum untuk menghindari masalah seperti itu.

inilah solusinya.๐Ÿ™‚

Karena cara kerja pompa vacum ini hanya membuka saat langkah hisap saja untuk mensuplai bahan bakar ke dalam karburator jadi lebih aman dan tidak akan lagi mengalami kebanjiran dalam karburator๐Ÿ™‚

Nah, mungkin ini aja yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. semoga bermanfaat dan jika salah mohon kritikannya.

Terima kasih dan

Wassalamu’alaikum..

Salam blogger Indonesia….

33 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Betul tu, kalo ditinggal > 3 hari, kran si revi ane off kan meskipun ini bukan motor batangan๐Ÿ˜€
    http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/14/modifikasi-ninja-250r-sterilgarda-edition/

    • intinya motor yang masih makai keran manual bro. ๐Ÿ™‚

  2. ealaaahh..begitu yta kang,hihihihi baru tahu,maksih infopnya๐Ÿ˜€

    • aku juga baru tahu kemaren kok. xixixixix

  3. bener bro..
    nice infonya

  4. sal kem๐Ÿ™‚
    http://bmaster23.wordpress.com/2012/06/14/kumpulan-nasehat-terbaru-terpecaya/

    • salam kenal juga broo๐Ÿ™‚

      • siip

        • kenapa ya kok ketika kamu koment pasti spam????

  5. terkadang banjirnya malam malam, air bah kaleee wkkkkkkwkwkwkwk

    • wkwkwk. Harus di antisisapi biar tidurnya nyenyak.๐Ÿ™‚

  6. waduh,saya gak pernah nutup kran,dari diler posisinya di RES,ya gitu aja sampe sekarang ยฑ20 bulan
    http://nanared.wordpress.com/2012/06/14/r2-tahun-tertentulebih-awet-dan-bertenaga-benar-tidak-ya/

    • ne buat antisipasi aja bro..๐Ÿ™‚

  7. kalo bebek2 sekarang mungkin udah vakum ya mas ? gak begitu ngerti sih… kl jupi mx saya gmn ya??

    • kalo model terbaru kayakny sudah mengaplikasikan pompa vacum jd kalo yg nandain pake pompa vakum atau tidak itu diliat dari manipol ada selang keatas pompa atau tidak.

  8. astrea grand sama supra d rumah dulu juga sering banjir klo gak d tu2p bro

    • betul sekali. Jd intinya skrng gak cuma motor batangan aja kali y?๐Ÿ™‚

  9. sip ajib,..nice share๐Ÿ˜€

  10. Sesuai kodratnya namanya juga motor jadul kalau gak telaten merawatnya problem dimana mana ! Intinya maintenance yg utama

    • setullllll sekali pak๐Ÿ™‚

      • berarti lebih bonafid ngrawat motor jadul nu?secara kita lebih intensif dan disiplin dalam merawatnya..motor baru jelas bagus tapi kalau motor jadul yg bagus,sapa berani hayu?๐Ÿ˜€

  11. di jepara jarum pelampung biasa disebut ‘itil-itilan’

    • wahh gawat nih, khusus dewasa

    • hahaha, terserah nyebutnya kang. hehehe

  12. wah zr ane udah pake yg kran biasa, pompa vakumnya ane ganti:mrgreen:

    http://zrriders.wordpress.com/

    • lha emangnya kenapa diganti???
      udah rusak pho???

      • karbu sama manipolnya ganti,jd pake kran bensin biasa,,

        • wah udah tinggal sering2 aja nutup keran jika berenti dalam waktu lama.๐Ÿ™‚

          • y makasih om ilmunya, walaupun mesti jongkok2 dulu,,hehe

          • :mrgreen:
            demi keawetan…..

  13. pantesan…
    y dah dilanjut aja.:mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: