permasalahan indikator bensin (jarum penunjuk bensin)

6 Juli 2012 pukul 01.03 | Ditulis dalam trik and tips | 43 Komentar

Assalamu’alaikum..

Masih galau dengan keadaan saat ini. Ku coba sedikit posting aja buat semuanya yang kesasar serta lagi kebingungan dalam permasalahan dalam indikator bensin yang kadang sangat mengganggu dan bikin gak sedap pandangan kita. Kita pengen tahu keadaan/ banyaknya bensin dalam tangki kita agar bisa mengira-ngira kapan mau beli bensin (nahan bakar) dan sebagainya.🙂

Nah sebenernya mudah aja kok untuk mengetahui jika meter bensin (indikator bensin) kita dalam keadaan tidak sempurna/ rusak. Seringan kita lihat jarum penunjuk bensin jika keadaan bensin penuh ada pada angka F (fuel) dan E (empty/ entek). Dan jika kita mengisi bensin dari keadaan penunjuk pada level E seharusnya jarum akan bergerak ke angka F jika sampai penuh ataupun ditengah-tengah jikalau hanya setengah tangki mengisinya. Intinya seh jarum penunjuk bergerak

Nah, jika gak bergerak❓

Sebenarnya permasalahan jarum penunjuk gak mau bergerak itu banyak permasalahannya. contohnya :

1. Bahan bakar/ bensin habis.

2. Baterai soak, rusak atau malahan tidak ada.

3. pelampung rusak.

4. Jalur perkabelan/ skema kelistrikan putus.

5. kerusakan pada spedo/ jarum penunjuk.

Yupz dari 5 kategori kerusakan yang aku tahu diatas kita bahas satu persatu…

cekidot…

1. Bahan bakar habis.

Jelas lah jika bensin/ bahan bakar habis pastinya indikator/ jaru penunjuk bensin tidak akan gerak🙂

2. Baterai soak/ rusak.

Karena indikator bensin menggunakan arus DC (searah) dari aki/ baterai, maka jika baterai soak, rusak ataupun malah hilang maka tidak ada arus ke jarum penunjuk maka dari itu tidak bergerak. Kecuali jika jarum penunjuk bensin memanfaatkan arus dari spul penerangan🙂

3. pelampung rusak

Untuk mengecek pelampung rusak itu juga lumayan mudah kok. Lepas soket kabel ke pelampung dan kemudian jumper soket/ hubungkan dengan kabel. Jika jarum penunjuk bergerak maka bisa dipastikan pelampung bermasalah dan jika tetap tidak bergerak berarti pelampung belum tentu rusak dan periksalah dengan AVO meter untuk rangkaiannya.

Jika memang pelampung bermasalah jangan langsung kita vonis rusak. kita harus terlebih dahulu memeriksanya dengan melepaskan pelampung dari tangki dan cek keadaan visual dan cek dengan AVO meter untuk kedua kabelnya dan gerakkan pelampung naik turun. Jika bergerak maka pelampung masih baik dan sebaliknya.

4. Jalur perkabelan/ skema kelistrikan putus

Jelas dong, jika jalur/ skema indikator bensin aja putus pastinya gak ada arus ke jarum penunjuk dan alhasil gak gerak lagi deh.

comot dari mbah guugle🙂

Nih rangkaian sederhana sebuah indikator bensin

5. kerusakan pada spedo/ jarum penunjuk.

Nah ini nih permasalahan yang sedikit merepotkan jikalau perangkat ini mengalami kerusakan. kita musti bongkar tuh batok spedometer beserta semuanya dan cek dengan AVO meter jikalau memungkinkan dan jika terlalu parah ya dilembiru (alias beli yang baru):mrgreen:

Tapi untuk pilihan diatas adalah pilihan terakhir karena harganya juga relatif mahal. Lagian namanya orang Indonesia adalah orang-orang yang kreatif dan inovatif makanya itu adalah pilihan terakhir. Ya khan

mungkin itu aja dulu yang bisa aku postingin sesuai dengan pengetahuan saya pribadi. Jika pembaca ada yang tahu mari berbagi….

Semoga aja bisa bermanfaat…🙂

Wassalamu’alaikum…

Salam blogger Indonesia….

43 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. pERTAMAX dulu gan:mrgreen:

    • Tanya gan…. (serius)
      kalo motor sering mengalami kesatan (*kehabisan bensin) apa bisa berpengaruh ama komponen di atas????

      http://hnbisri.wordpress.com/2012/07/05/bakal-calon-tunggangan-yang-bikin-galau/

      • bisa aja gan, di pelampungnya kebanyakan yang kena. karena yang berhubungan langsung dengan bensin adalah pelampungnya. jika tangki dalam keadaan kosong/ hanya sedikit bensinya dan motor berjalan maka pelampung akan bergoyang2 keatas kebawah karna goncangan. dan itu bisa membuat pelampung/ sistem pelampung lebih cepat rusak.

        • Bener kah??? kalo bensin jarang isi full (penyakit jaman mbiyen) bagian atas Tangki bisa karatan??? yg dalem nya lhoh….:mrgreen:

          • itu kan beda dengan topik yang diatas??? hayoooo

          • Besok bikinin dong om😎
            ..ya ..ya ..ya ..ya

          • ya semoga aja ada waktu dan kesempatan:mrgreen:

          • sip😎
            tak tunggu lho om😆

          • 🙂
            sek opo tho???

          • yo kui mau….
            …(_ _”) hhaaddeehhhhhhhhhhhhhhh

            O’Om e O’on….😆 wkwkwkwkwkwk

  2. aku ngga pakai *juaduullerr

    • ini untuk konvensional om.🙂

  3. Ooooooo…. Ngono to

    • kurang lebihnya begitu oak🙂

  4. wah berguna bro, jadi baru tau kenapa kok sepeda motor yang agak lawas, banyak yang jarum bensinnya gak gerak:mrgreen:

    • makasih bro..
      Y semoga wae ada manfaatny serta kalo salah y mohon dikoreksi.🙂

  5. sip

  6. HASEKK

  7. ga tau mesin.. tapi absen aja ah

    • terimakasih banyak eyang sudah mampir🙂

    • weleh weleh…
      tp y bener juga tuh untk yg ndak mau pucing.🙂

  8. Kalo digital piye masbro… kaya motorku iki…http://akhfauzan.wordpress.com/2012/07/09/nih-cara-buat-pass-beam/

    • kalo yang digital itu kadang permasalahannya ada pada pelampung yang kotor serta PCB yang ada didalam tangki motor karena bahan bakar yang ada kurang bagus. solusinya sih tinggal dibuka dan bersihin aja.
      jika memang kurang puas atau masih bermasalah coba cek dengan avo meter untuk kedua kabel yang masuk ke dalam tangki dan gerakkan pelampung naik turun juga. jika memang tahanannya gak mau gerak maka bisa jadi pelampung dan komponen lainnya rusak.

      Semoga bermanfaat…🙂

  9. saya copas ya kak kata-katanya yang “E: Entek” hahahaa

  10. tanya gan, kalo arum fuel meter bergerak terbalik gimana solusi nya ya? jika bensin full tp di fuel meter malah empty

  11. spidoku mati ditengah2 mas…pelampung jg masih bagus..klo indikator bensin harganya brp kira2 mas?

  12. hendra itu tulisanya kebalik mungkin…wkwkwkwkwkwk

  13. indikator bensin rusak.
    sudah aku buka dasboard,aku copot.
    Disitu terlihat seperti kapasitor, hangus. Berapa farad tuh om?

  14. aq butuh pelampung bensin corolla gl di mana ya ada….aq dah muter2 di kedungdoro sby tidak ada barangnya….mhn pencerahannya…trims…………………

  15. Sangat bermanfaat….

  16. meter bensin saya selalu pada posisi E walaupun saya isi penuh tetapi setelah bensin tinggal setengah jarum penunjuk bergerak-gerak tetapi tetap diposisi E mohon infonya om trims sebelumnya

  17. gan kalau masang bensin digital bagaimana…
    mohon pencerahanx thanks

  18. indikator bensin mobil jadul saya sudah rusak, selalu di posisi F. Sudah dibawa ke bengkel dan dianjurkan harus ganti. Keadaan keuangan tidak memungkinkan untuk ganti baru. Apakah ada solusinya? mungkin ada alat modifikasi yang bisa saya beli tapi harga tidak terlalu mahal. Mobilnya corolla GL tahun 1984, terima kasih

  19. Dimana bisa dibeli jarum penunjuk bensin kijang super? Mohon info nya bro.

  20. gan motor mio ane indikator bensinnya error, dan udah di coba pake cara agan jumper menggunakan kabel dan berhasil naik, tapi naiknya ga sampe F;fuel itu kira2 kenapa yah gan. apanya yg bermasalah,,,
    mohon sarannya, trimakasih.

  21. makasih infonya…. pulang ngantor langsung cek…. semoga bukan jarum bensinnya… heheheheh

  22. kalo jarum bensinya yang bermasalah itu bagaimana cara mengatasinya bro..
    tolong infonya dong

  23. mohon bantuan gan saya punya motor yamaha vega R, apa nama alat yang bisa menyebabkan bensin bocor terus menerus?

  24. Terimakasih mobil saya indikatornya tiba2 gak gerak sempat binggung buat cari penyebab dan solusinya…. terimakasih infonya

  25. Cara masang indikator bensin variasi buat Supra fit 2004 gimana ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: