permasalahan indikator bensin (jarum penunjuk bensin)

6 Juli 2012 pukul 01.03 | Ditulis dalam trik and tips | 44 Komentar

Assalamu’alaikum..

Masih galau dengan keadaan saat ini. Ku coba sedikit posting aja buat semuanya yang kesasar serta lagi kebingungan dalam permasalahan dalam indikator bensin yang kadang sangat mengganggu dan bikin gak sedap pandangan kita. Kita pengen tahu keadaan/ banyaknya bensin dalam tangki kita agar bisa mengira-ngira kapan mau beli bensin (nahan bakar) dan sebagainya. 🙂

Nah sebenernya mudah aja kok untuk mengetahui jika meter bensin (indikator bensin) kita dalam keadaan tidak sempurna/ rusak. Seringan kita lihat jarum penunjuk bensin jika keadaan bensin penuh ada pada angka F (fuel) dan E (empty/ entek). Dan jika kita mengisi bensin dari keadaan penunjuk pada level E seharusnya jarum akan bergerak ke angka F jika sampai penuh ataupun ditengah-tengah jikalau hanya setengah tangki mengisinya. Intinya seh jarum penunjuk bergerak

Nah, jika gak bergerak ❓

Sebenarnya permasalahan jarum penunjuk gak mau bergerak itu banyak permasalahannya. contohnya :

1. Bahan bakar/ bensin habis.

2. Baterai soak, rusak atau malahan tidak ada.

3. pelampung rusak.

4. Jalur perkabelan/ skema kelistrikan putus.

5. kerusakan pada spedo/ jarum penunjuk.

Yupz dari 5 kategori kerusakan yang aku tahu diatas kita bahas satu persatu…

cekidot…

1. Bahan bakar habis.

Jelas lah jika bensin/ bahan bakar habis pastinya indikator/ jaru penunjuk bensin tidak akan gerak 🙂

2. Baterai soak/ rusak.

Karena indikator bensin menggunakan arus DC (searah) dari aki/ baterai, maka jika baterai soak, rusak ataupun malah hilang maka tidak ada arus ke jarum penunjuk maka dari itu tidak bergerak. Kecuali jika jarum penunjuk bensin memanfaatkan arus dari spul penerangan 🙂

3. pelampung rusak

Untuk mengecek pelampung rusak itu juga lumayan mudah kok. Lepas soket kabel ke pelampung dan kemudian jumper soket/ hubungkan dengan kabel. Jika jarum penunjuk bergerak maka bisa dipastikan pelampung bermasalah dan jika tetap tidak bergerak berarti pelampung belum tentu rusak dan periksalah dengan AVO meter untuk rangkaiannya.

Jika memang pelampung bermasalah jangan langsung kita vonis rusak. kita harus terlebih dahulu memeriksanya dengan melepaskan pelampung dari tangki dan cek keadaan visual dan cek dengan AVO meter untuk kedua kabelnya dan gerakkan pelampung naik turun. Jika bergerak maka pelampung masih baik dan sebaliknya.

4. Jalur perkabelan/ skema kelistrikan putus

Jelas dong, jika jalur/ skema indikator bensin aja putus pastinya gak ada arus ke jarum penunjuk dan alhasil gak gerak lagi deh.

comot dari mbah guugle 🙂

Nih rangkaian sederhana sebuah indikator bensin

5. kerusakan pada spedo/ jarum penunjuk.

Nah ini nih permasalahan yang sedikit merepotkan jikalau perangkat ini mengalami kerusakan. kita musti bongkar tuh batok spedometer beserta semuanya dan cek dengan AVO meter jikalau memungkinkan dan jika terlalu parah ya dilembiru (alias beli yang baru) :mrgreen:

Tapi untuk pilihan diatas adalah pilihan terakhir karena harganya juga relatif mahal. Lagian namanya orang Indonesia adalah orang-orang yang kreatif dan inovatif makanya itu adalah pilihan terakhir. Ya khan

mungkin itu aja dulu yang bisa aku postingin sesuai dengan pengetahuan saya pribadi. Jika pembaca ada yang tahu mari berbagi….

Semoga aja bisa bermanfaat… 🙂

Wassalamu’alaikum…

Salam blogger Indonesia….

Membaca soket kiprok aka Regulator

2 Juli 2012 pukul 20.51 | Ditulis dalam trik and tips | 44 Komentar

Assalamu’alaikum..

Bro semuanya, ini aku hanya berbagi aja buat Anda semua yang kesasar di blog ini dan kebetulan lagi nyari cara membaca soket regulator aka kiprok (bahasa bengkel). Sebenarnya ini aku dapet gambar dari artikel artikel pencarian juga. Bukan bermaksud copi paste tapi ya ini buat saling berbagi aja. 🙂

Gambar comot dari sini

Dalam semua tipe kendaraan bermotor yang ada  relatif sama dari merek Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lain sebagainya. Hanya saja penempatan soket serta warna kabel saja yang berbeda  “Terserah gua mau buat kayak apa” mungkin begitulah pemikiran pabrikan :mrgreen:

Dan sedikit gambaran

Tabel diatas buat pabrikan raksasa Jepun punya serta pengisian untuk 1/2 gelombang

Sebenernya prinsip rangkaian sitem pengisian untuk kesemua merek sepeda motor itu sama hanya saja bentuk dan warna kabelnya yang berbeda ( takut bayar royalti jika udah dipatenkan)

Ada yang lebih tau kah ❓

mari berbagi……..

Semoga saja bermanfaat….

Wassalamu’alaikum..

Salam blogger Indonesia

Cakram gan + tutorial….

20 Juni 2012 pukul 23.09 | Ditulis dalam trik and tips | 21 Komentar

Serba serbi rem cakram/ disk

Assalamu’alaikum

Lama gak nulis-nulis langsung aja ya….

Rem cakram adalah suatu perangkat pengereman yang sudah digunakan dalam pengereman suatu kendaraan yang lebih modern karena dulunya masih menggunakan rem tromol tapi ndak tau dari tahun kapan 🙂

Cara kerja rem cakram sendiri yaitu dengan menjepit cakram yang biasanya dipasang pada sebuah roda kendaraan bisa depan atau belakang. Untuk menjepit cakramnya sendiri menggunakan kaliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong pad/ Kampas rem ke cakram.

Bahan pembuatan kampas sendiri biasanya adalah asbes serta non asbes. Untuk bahan asbes sendiri sekarang sudah dikurangin dan diganti dengan bahan yang non asbes karena bahan kampas yang berbahan asbes ini sangat mengganggu kesehatan separti penyakit asbestosis/fibrosis (penebalan dan luka gores pada paru-paru) kanker paru-paru dan kanker saluran pernafasan.

Permasalahan permasalahan yang sering timbul pada perangkat rem cakram sendiri antara lain :

  • Saat pengereman kadang bisa kadang tidak.

Kejadian ini sering ditimbulkan adanya udara palsu pada sistem hidrolik dan juga kerusakan pada seal ( biasa seal master silinder ataupun seal caliper)

  • Untuk permasalahan udara palsu sendiri sering terjadi pada bagian sambungan master atas dan juga kaliper.

Untuk tips bleding (pengeluaran udara palsu) sendiri banyak cara yang bisa kita gunakan yaitu :

  1. Isi  minyak rem dari atas reservoir master silinder dan tunggu sampai minyak  rem turun kebawah sampai ke kaliper tetapi baut niple harus dikendorkan terlebih dahulu. (agak lama)
  2. Menggunakan injeck (suntikan) dari baut niple bawah dan didorong keatas sampai minyak  keluar di reservoir master silinder. (lumayan cepet)
  3. Mengisi minyak rem langsung sebelum memasukkan piston kaliper tetapi dibuat sejajar terlebih dahulu agar minyak tidak langsung tumpah (hukum boyle) dan jika minyak sudah sampai ke kaliper, baut niple dikendorkan dan piston dimasukkan ke kaliper dan udara palsu langsung keluar dari baut niple. (relatif cepat)
Sebenarnya masih banyak cara untuk ngeluarin udara palsu pada sistem rem hidrolik ini, tapi yang aku tahu hanya sebatas itu. Atau mungkin pembaca ada yang tau ??? Sharing yuukkkkkk…..

Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat   🙂

tambahan nih punya mazped lebih buanyak gambarnya 🙂

Wassalamu’alaikum..

Salam blogger Indonesia

Banjir bensin pada motor batangan serta motor kran manual

14 Juni 2012 pukul 09.09 | Ditulis dalam trik and tips | 33 Komentar

Assalamu’alaikum….

Sobat semua yang mempunyai motor batangan alias motor sport versi lawas seperti Megapro, Thunder, Tiger, GL, dan lain-lainnya lah yang sesuai jamannya yang masih mengaplikasikan kran bensin manual (intinya belum memakai pompa vacum/diafragma) 🙂

Sering kan yang mengalami banjir bensin tiba-tiba ketika motor diparkirkan dalam waktu lama ?

Nah usut punya usut bahwasannya bahan bakar yang terdapat dalam karburator itu meluap dan melebihi batas dari pelampung pada karburator dan bahan bakarpun keluar lewat lubang buang ataupun bisa meluber kesemua bagian karburator.

Masalahnya sih simple saja kok yaitu jarum pelampung itu rusak. Yupz, jarum pelampung atau bahasa sononya disebut Ventilator. Jarum pelampung ini rusak karena  bahan bakar dari tangki terus mendesak ke karburtor karena gaya gravitasi.

Karena bahan bakar terus terdorong ke karburator melewati jarum pelampung ini maka makin lama komponen inipun akan rusak, apalagi jika didiamkan dalam waktu lama dan kran bensin tidak ditutup maka bahan bakar akan terus mendorong dan terjadilah kerusakan setempat. 🙂

Nah, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya pemilik kendaraan yang masih mengaplikasikan kran bensin manual ini jika ditinggal dalam waktu yang relatif lama lebih baik ditutup agar komponen dalam karburator khususnya jarum pelampung (ventilator) bisa lebih awet.

Tapi kebanyakan orang kita itu pemalas ( contohnya saya sendiri) :mrgreen:

dan sering melupakan hal hal tersebut, maka produk produk motor yang lebih terbaru kebanyakan dan sebagian besar telah menggunakan pompa vacum untuk menghindari masalah seperti itu.

inilah solusinya. 🙂

Karena cara kerja pompa vacum ini hanya membuka saat langkah hisap saja untuk mensuplai bahan bakar ke dalam karburator jadi lebih aman dan tidak akan lagi mengalami kebanjiran dalam karburator 🙂

Nah, mungkin ini aja yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. semoga bermanfaat dan jika salah mohon kritikannya.

Terima kasih dan

Wassalamu’alaikum..

Salam blogger Indonesia….

Dongkrak power Mega Pro

3 Juni 2012 pukul 07.35 | Ditulis dalam trik and tips | 17 Komentar
Tag:

Assalamu’alaikum….

Sobat brother semua, kali ini aku hanya mau mereview aja nih tentang cara mendongkrak power Honda Mega Pro.

Semua pasti tahukan kalo mau mendongkrak sebuah tunggangan tidak harus selalu menggunakan part-part racing yang sangat Wah dan mahal. Kita bisa aja kok menggunakan perangkat ataupun copotan dari part lainnya untuk tunggangan kita yang ber cc 160 seperti Honda Mega Pro.

Pasti tau lah sobat semaua bahwasannya motor berkapasitas 160 cc ini tangguh dan handal untuk trek menanjak dan panjang maupun trek menikung.

Mari kita ulas satu-satu dan menurut ahlinya satu persatu pula. 🙂

Mungkin yang punya Honda Mega pro menyadari bahwasannya Performa tunggangannya sering ngedrop untuk masalah performa, hal ini disebabkan kampas kopling yang mudah hangus. Kampas kopling yang sering hangus ini dikarenakan keadaan pir kopling yang lembek pula. Dengan keadaan inilah, pir kopling sebaiknya diganti yang lebih keras dan yang paling pas adalah pir kopling dengan diameter pirnya adalah 2,08 mm.

Serta substitusi pengapian menggunakan CDI suzuki  new shogun 110 cc. Tahu sendiri kan, bahwasannya CDI ini unlimiter , so….Sangat cocok untuk puteran tinggi tanpa batas. 🙂

Berikutnya seting karburator dengan menaikkan satu tingkat untuk pilot jet dan main jet dari 38 dan 1108 (standar) menjadi 40 pilot jet dan 110 untuk main jetnya serta dibarengi melepas busa filter udara agar udara yang masuk lebih lancar…

Kemudian ditambahin deh oil cooler agar sirkulasi oli yang panas bisa lebih dingin dan bisa menjaga fungsi oli. Jika olinya bagus mesinpun akan dapat bekerja lebih maksimal.

Sekarang menuju ke gigi persneling yang kena rombak. Kita semua tahu bahwasannya gigi persneling Mega Pro adalah 5 kecepatan, kita ganti deh dengan gigi persnelingnya si macan (TIGER) yang sudah memiliki 6 kecepatan dan juga harus disertai upgrade kapasitas mesin. Dengan kapasitas mesin yang lebih gede, otomatis suplai bahan bakar juga mesti ikut besar dengan diikuti penyesuaian pilot dan main jet seperti diatas tadi..

Jadi, pemilik Honda Mega Pro yang doyan performa dan senang gas pol, inilah sedikit tips yang aku paparin. Maaf jikapun ini hanyalah review kembali dari  otomotifnet  :mrgreen:

sumber dari otomotifnet

Semoga bermanfaat…..

Wassalamu’alaikum…..

salam blogger Indonesia……..

Meraungnya sang Macan (TIGER)

31 Mei 2012 pukul 22.04 | Ditulis dalam trik and tips | 4 Komentar
Tag:

Assalamu’laikum…
Sesuai dengan judul diatas, pernahkah Anda mengalaminya?
Hal ini sering terjadi pada simacan (honda Tiger) serta tunggangan besi lain yang masih mengusung sistem bahan bakar dengan karburator yang usia pakainya sudah lebih dari 3 tahun keatas.

Yupz…
Kadang kita mengalami hal hal yang sering bikin jengkel jika tunggangan biker ketika kita betot dalam RPM lebih tinggi dan akan menambah gigi malah menggerung dan putaran mesin ndak mau turun alias nyangkut atau tertahan.. 🙂
Ada beberapa hal yang sering membuat hal ini terjadi dan kebanyakan terjadi pada skep karburator dan dikarburatornya lah….. 😀
Ayo dibedah satu satu penyebabnya….

  • Trotle valve/ bodi skep udah aus atau kotor.
Hal ini bisa menyebabkan ketidak stabilan mesin saat putaran idle/ langsam dan jikapun skep dalam keadaan kotor dapat menyebabkan skep macet dan akan membuka gas terus….
  • Setelan udara / air screw terlalu kecil

Hal ini dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara dalam karburator akan kaya dan menyebabkan bahan bakar boros serta tersisa pada kepala silinder.

  • Jarum skep aus

Hal ini bisa menyebabkan putaran mesin tidak mau langsam karena gas bocor melalui jarum skep yang aus tersebut dan sebaiknya ganti.

  • Setelan katup isap

Yupz. setelan katup isap ini dapat menyebabkan teriaknya si macan jika setelan terlalu rapat. Karena tekanan berlebih dari rocker arm (pelatuk) serta terlalu lamanya katup membuka dan tertutup dan juga dapat mengakibatkan campuran kaya. Penyetelan klep standar Honda Tiger adalah :

  • Katup in 0,14 mm
  • Katup ex 0,16 mm

Disini juga aku tambahin deh sedikit penyebab bahan bakar boros..

  1. Situasi jalan yang ramai..
  2. situasi jalan yang menanjak, berlobang dan rusak..
  3. Cara pakai kendaraan, kurang service..
  4. Suhu kendaraan serta suhu lingkungan..
  5. Kondisi fisik motor..

Dan juga kiat kiat menghemat bahan bakar..

  1. Tutup grip gas seirama putaran mesin..
  2. Jangan terlalu banyak engine brake..
  3. Hidarkan nge-rem sambil nge-gas….
  4. Jangan geber (mlayerr) saat lampu merah..
  5. Jangan terlalu lama memanasi mesin..
  6. Dan servic lah berkala…

Semoga aja bermanfaat…

dikutip dari berbagai sumber… 🙂

Salam blogger Indonesia………..


Entries dan komentar feeds.