JSTC (Janzen Skill Training Center)

6 Juli 2012 pukul 22.31 | Ditulis dalam Uncategorized | 6 Komentar
Tag:

Assalamu’alaikum

Brother pecinta dunia otomotif dan pengen belajar lebih dalam lagi dengan dunia ke Mekanikan 🙂 ???

Nih bro, bukane NO’b promosi atau apa, cuma saling berbagi aja dengan seluruh pembaca yang tertarik dengan dunia perbengkelan dan ingin meningkatkan pengetahuan dalam bidang mekanik beserta apapun tentang dunia hitam mekanik :mrgreen:

JSTC sendiri NO’b tau juga setelah merasakan sendiri belajar disana dengan berbekal alhamdulillah beasiswa NO’b bisa deh belajar mekanik agar bisa lebih mendalaminya lagi dan siap terjun kedunia mekanik. Disini NO’b mendapatkan 8 modul pembelajaran yang umumnya ada dalam sebuah motor dari pengenalan alat sampai dengan motor bakar lanjutan (mekanik plus/ bisa korek-korek mesin lah intinya 🙂 )

Inilah tempat pelatihan JSTC yang berada di jl. margorejo indah no. 21 Surabaya. Jangan lihat depannya tapi ambil ilmu sebanyak banyaknya. Karena pemiliknya punya banyak perusahaan jadi ya sekalian tuh tempat bersamaan dengan pelatihan bahasa inggris. Tapi tenang, kelasnya dibedakan kok jadi ya tetap nyaman tanpa gangguan. 🙂

Setelah masuk dan menaiki tangga sampai lantai 3 kita dapati sebuah tempat yang sangat bersahabat dengan perbengkelan dan terbagi dalam berbagai ruangan sesuai dengan fungsinya…

tempat untuk bereksperimen dan menganiaya motor  🙂

Disini tempat arus arus listrik serta pengurutan kabel untuk kelistrikan.

ini unit batok kepala motor Honda, suzuki, yamaha dan kawasaki

gerombolan motor untuk praktek 🙂 +- 13 motor

tumpukan box alat +- 13 juga

nampang dikit ya 🙂

Dan tambahan lagi, disini rencananya sih NO’b beserta teman seperjuangan akan mendapatkan plus tentang manajemen bengkel, administrasi bengkel dan seluk beluk perbengkelan selain pelatihan mekanik handal. Plus-plus kan ❓

Dan juga dalam pelaatihan disini akan dimagangkan ke bengkel-bengkel resmi untuk lebih memantabkan kehandalaan dalam bidang perbengkelan dan juga ngelatih mental peserta didik.

Untuk biayanya sendiri NO’b kurang begitu paham , tapi untuk mekanik plus sih Rp. 3.500.000 untuk pelatihan selama 4 bulanan. Kalo mekanik biasa Rp. 3.000.000 .

Semoga bermanfaat deh…

Wassalamu’alaikum…

Salam blogger Indonesia…

 

Methode Coastdown test

31 Mei 2012 pukul 06.44 | Ditulis dalam test | Tinggalkan komentar
Tag:

Assalamu’alaikum brother semua…

Bertemu lagi dengan saya dengan coretan kecilku ini.. 🙂

Kali ini aku ingin berbagi nih dengan para pembaca bahwasannya ini yang pernah aku dapatkan saat praktikum serta data dari pak dosen aja :mrgreen:

Pengujian coastdown

Pengujian ini didasari dengan….

Hambatan jalan yang dialami kendaraan sebagai salah satu indicator desain kendaraan berpengaruh langsung terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Besaran hambatan jalan diperoleh dari teknik pengujian yang dikenal dengan coastdown test. Pengujian coastdown dilakukan dengan menggunakan fasilitas jalan yang datar dan memenuhi spesifikasi tertentu sebagaimana diberikan pada referensi ECE..

Pengujian inipun didasari dengan……

Kendaraan yang melaju di jalan raya dengan permukaan yang rata akan mendapat hambatan berupa hambatan angin, hambatan akibat kontak ban dengan jalan dan hambatan-hambatan yang lain. Secara empiris hambatan total jalan ini dapat dituliskan berikut [1]:

F = Fo+F1V+F2V[Newton]   (1)

dimana

  • F0      :  gaya friksi yang tidak tergantung kecepatan
  • F1V  :  gaya friksi kendaraan akibat gesekan komponen kendaraan utamanya kontak ban dengan jalan
  • F2V2 :  gaya hambat kendaraan akibat efek aerodinamis

Besar F0, F1, dan F2 dapat dicari dengan metode coastdown (ECE 15-04 atau ECE R83-04).

Yah mungkin ini dulu yang dapat aku torehkan dalam coretan yang sederhana ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua…. 🙂

wassalamu’alaikum……

Salam blogger Indonesia…….


Entries dan komentar feeds.