Cakram gan + tutorial….
20 Juni 2012 pukul 23.09 | Ditulis dalam trik and tips | 21 KomentarSerba serbi rem cakram/ disk
Assalamu’alaikum
Lama gak nulis-nulis langsung aja ya….
Rem cakram adalah suatu perangkat pengereman yang sudah digunakan dalam pengereman suatu kendaraan yang lebih modern karena dulunya masih menggunakan rem tromol tapi ndak tau dari tahun kapan 🙂
Cara kerja rem cakram sendiri yaitu dengan menjepit cakram yang biasanya dipasang pada sebuah roda kendaraan bisa depan atau belakang. Untuk menjepit cakramnya sendiri menggunakan kaliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong pad/ Kampas rem ke cakram.
Bahan pembuatan kampas sendiri biasanya adalah asbes serta non asbes. Untuk bahan asbes sendiri sekarang sudah dikurangin dan diganti dengan bahan yang non asbes karena bahan kampas yang berbahan asbes ini sangat mengganggu kesehatan separti penyakit asbestosis/fibrosis (penebalan dan luka gores pada paru-paru) kanker paru-paru dan kanker saluran pernafasan.
Permasalahan permasalahan yang sering timbul pada perangkat rem cakram sendiri antara lain :
- Saat pengereman kadang bisa kadang tidak.
Kejadian ini sering ditimbulkan adanya udara palsu pada sistem hidrolik dan juga kerusakan pada seal ( biasa seal master silinder ataupun seal caliper)
- Untuk permasalahan udara palsu sendiri sering terjadi pada bagian sambungan master atas dan juga kaliper.
Untuk tips bleding (pengeluaran udara palsu) sendiri banyak cara yang bisa kita gunakan yaitu :
- Isi minyak rem dari atas reservoir master silinder dan tunggu sampai minyak rem turun kebawah sampai ke kaliper tetapi baut niple harus dikendorkan terlebih dahulu. (agak lama)
- Menggunakan injeck (suntikan) dari baut niple bawah dan didorong keatas sampai minyak keluar di reservoir master silinder. (lumayan cepet)
- Mengisi minyak rem langsung sebelum memasukkan piston kaliper tetapi dibuat sejajar terlebih dahulu agar minyak tidak langsung tumpah (hukum boyle) dan jika minyak sudah sampai ke kaliper, baut niple dikendorkan dan piston dimasukkan ke kaliper dan udara palsu langsung keluar dari baut niple. (relatif cepat)
Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat 🙂
tambahan nih punya mazped lebih buanyak gambarnya 🙂
Wassalamu’alaikum..
Salam blogger Indonesia
21 Komentar »
RSS feed for comments on this post. TrackBack URI
Pertamax…
Comment by heroe pedrosa— 20 Juni 2012 #
wkwkwkwkwk
Comment by nunk iman— 20 Juni 2012 #
manap broo ulusannya 😀
http://areeya2.wordpress.com/2012/06/21/konsep-cutting-stiker-nmp-livery-monster-tech3/
Comment by Ari CX Rider— 21 Juni 2012 #
thanks brooo…
sedang latihan aja…. 🙂
Comment by nunk iman— 21 Juni 2012 #
sharing to? koq shering?
. susah 😦
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/21/new-honda-megapro-injeksi-susahkah-bagi-ahm/
Comment by ipanase— 21 Juni 2012 #
wkwkwkwk. setiap denger bilange shering.
Comment by nunk iman— 21 Juni 2012 #
waspada brake fluid masuk angin!
Comment by warung DOHC— 21 Juni 2012 #
setullllllllllllllllll 🙂
Comment by nunk iman— 21 Juni 2012 #
ajib, Revo ber – RDB KW absen dulu gan 🙂
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/21/sedikit-hasil-jepret-pada-event-bikers-community-challenge-modification-contest/
Comment by Dismas— 21 Juni 2012 #
Sipppp
Comment by nunk iman— 21 Juni 2012 #
dulu ad temen yg ganti minyak rem, katanya susah buat ngepasin camouran udara sama minyaknya,,
http://zrriders.wordpress.com/
Comment by fnaufala— 21 Juni 2012 #
itu salah prosedur kayaknya bro. 🙂
setiap ngisi minyak itu musti teliti sabar dan hati2. 🙂
Comment by nunk iman— 21 Juni 2012 #
sipp infonya..
Comment by gogo— 21 Juni 2012 #
iya om sama sama.
Terimakasih udah bekunjung.. 😀
Comment by nunk iman— 21 Juni 2012 #
nice info…
😀
Comment by bapakeVALKYLA— 22 Juni 2012 #
suwun pak….. 🙂
Comment by nunk iman— 22 Juni 2012 #
salam kenal kang…..
Comment by saptodiharjo— 22 Juni 2012 #
salam kenal balik gan..
Comment by nunk iman— 22 Juni 2012 #
nice info bro
nitip ya bro,,,
pemakai Converse masuk sini
Comment by pandahitam— 24 Juni 2012 #
tanks ya…
silahkan silahkan. Bebas terbatas disini kok 🙂
Comment by nunk iman— 24 Juni 2012 #
lol
Comment by Hill— 11 Maret 2013 #