Cakram gan + tutorial….

20 Juni 2012 pukul 23.09 | Ditulis dalam trik and tips | 21 Komentar

Serba serbi rem cakram/ disk

Assalamu’alaikum

Lama gak nulis-nulis langsung aja ya….

Rem cakram adalah suatu perangkat pengereman yang sudah digunakan dalam pengereman suatu kendaraan yang lebih modern karena dulunya masih menggunakan rem tromol tapi ndak tau dari tahun kapan 🙂

Cara kerja rem cakram sendiri yaitu dengan menjepit cakram yang biasanya dipasang pada sebuah roda kendaraan bisa depan atau belakang. Untuk menjepit cakramnya sendiri menggunakan kaliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong pad/ Kampas rem ke cakram.

Bahan pembuatan kampas sendiri biasanya adalah asbes serta non asbes. Untuk bahan asbes sendiri sekarang sudah dikurangin dan diganti dengan bahan yang non asbes karena bahan kampas yang berbahan asbes ini sangat mengganggu kesehatan separti penyakit asbestosis/fibrosis (penebalan dan luka gores pada paru-paru) kanker paru-paru dan kanker saluran pernafasan.

Permasalahan permasalahan yang sering timbul pada perangkat rem cakram sendiri antara lain :

  • Saat pengereman kadang bisa kadang tidak.

Kejadian ini sering ditimbulkan adanya udara palsu pada sistem hidrolik dan juga kerusakan pada seal ( biasa seal master silinder ataupun seal caliper)

  • Untuk permasalahan udara palsu sendiri sering terjadi pada bagian sambungan master atas dan juga kaliper.

Untuk tips bleding (pengeluaran udara palsu) sendiri banyak cara yang bisa kita gunakan yaitu :

  1. Isi  minyak rem dari atas reservoir master silinder dan tunggu sampai minyak  rem turun kebawah sampai ke kaliper tetapi baut niple harus dikendorkan terlebih dahulu. (agak lama)
  2. Menggunakan injeck (suntikan) dari baut niple bawah dan didorong keatas sampai minyak  keluar di reservoir master silinder. (lumayan cepet)
  3. Mengisi minyak rem langsung sebelum memasukkan piston kaliper tetapi dibuat sejajar terlebih dahulu agar minyak tidak langsung tumpah (hukum boyle) dan jika minyak sudah sampai ke kaliper, baut niple dikendorkan dan piston dimasukkan ke kaliper dan udara palsu langsung keluar dari baut niple. (relatif cepat)
Sebenarnya masih banyak cara untuk ngeluarin udara palsu pada sistem rem hidrolik ini, tapi yang aku tahu hanya sebatas itu. Atau mungkin pembaca ada yang tau ??? Sharing yuukkkkkk…..

Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat   🙂

tambahan nih punya mazped lebih buanyak gambarnya 🙂

Wassalamu’alaikum..

Salam blogger Indonesia

21 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Pertamax…

    Trik Mengisi Minyak Rem…

    • thanks brooo…
      sedang latihan aja…. 🙂

  2. sharing to? koq shering?
    . susah 😦
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/21/new-honda-megapro-injeksi-susahkah-bagi-ahm/

    • wkwkwkwk. setiap denger bilange shering. :mrgreen:

  3. waspada brake fluid masuk angin!

  4. ajib, Revo ber – RDB KW absen dulu gan 🙂
    http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/21/sedikit-hasil-jepret-pada-event-bikers-community-challenge-modification-contest/

  5. dulu ad temen yg ganti minyak rem, katanya susah buat ngepasin camouran udara sama minyaknya,,

    http://zrriders.wordpress.com/

    • itu salah prosedur kayaknya bro. 🙂
      setiap ngisi minyak itu musti teliti sabar dan hati2. 🙂

  6. sipp infonya..

    • iya om sama sama.
      Terimakasih udah bekunjung.. 😀

  7. nice info…
    😀

  8. salam kenal kang…..

  9. nice info bro

    nitip ya bro,,,

    pemakai Converse masuk sini

    Converse Original VS Converse KaWe

    • tanks ya…
      silahkan silahkan. Bebas terbatas disini kok 🙂

  10. lol


Tinggalkan komentar


Entries dan komentar feeds.