Tahu tek tek……

21 Juni 2012 pukul 02.02 | Ditulis dalam makana khas... | 20 Komentar

Assalamu’alaikum…

gambar nyomot dari google aja 🙂

Wuih bro, malem-malem laper ada suara tek-tek kayak penjual bakmi di depan kontrakan langsung deh ane ngacir kedepan dan “mie goreng ya pak”??? ” mie goreng mas ?(dengan wajaah bingung) “ini tahu tek mas”..

Wow tahu tek ???

“Yaudah deh dibungkus satu pak”…..

Dan sang penjual pun memanasi wajan dan dikucurin minyak kemudian memasukkan irisan bawang kasar dan tahu putih tuh sekitar 6 iris dan sreng sreng sreng.…………….. 🙂

menyaipkan bungkus warna coklat dan memotong motong lontong dengan gunting dan setelah tahunya mating diangkat dan dipotong potong dengan gunting juga lho. 🙂 setelah itu si bapak nyiapin telor kemudian dijadiin telor dadar. Clink…. jadi deh telor dadarnya 🙂

Telor dadar jadi dan diberlakukan sama dengan lontong serta tahu yaitu dicabik cabik dengan gunting dan diletakkan didalam sebuah bungkusan warna coklat.

Setelah siap si bapak penjualnya nyiapin bumbu yaitu cabe, kacang tanah goreng, garam, air dan kecap. kayaknya itu tok yang aku liat :mrgreen: dan diulek-ulek jadi satu dan ditaburin tuh ke racikan yang udah dalam bentuk cabik-cabik tadi….

Langkah selanjutnya sibapak masukin toge mentah kecil-kecil serta irisan mentimun. wuih…… sedep oe…

Dan semua siap dan dibungkus deh……………………… bletak……. suara satples berbunyiii

“berapa pak”??? Si bapak jawab ” 6.500 aja mas… “oke

Selidiki dulu dikit.. 😀

“Emang ini makanan khas mana pak’???       ” Madura mas”

Weh, karena di Surabaya banyak yang berbau-bau madura ya. 🙂

Ya sudah pak makasih ya…….

Itulah pengalaman beli tahu tek yang ternyata makanan khas pulau seberang Madura… Nyamiiiiiii……..

Sekian dulu postingannya ya…

Semoga bermanfaat…..

Wassalamu’alaikum..

Salam Bloger Indonesia..

Iklan

Membuat Geblek

27 Mei 2012 pukul 07.18 | Ditulis dalam makana khas... | 3 Komentar
Tag:

Assalamu’alaikum

berjumpa kembali dengan saya ya… 😀 😀 😀

Langsung aja deh..

Perlu Anda semua pahami bahwasannya geblek adalah sebuah makanan khas asal Kulon Progo yang sangat terkenal akan kekenyalan serta keenakannya…..

Gambar

Gambar  copas aja gan :mrgreen:

Tahukah anda sebenarnyaa dari apakah bahan yang digunakannya?????
hayo tebak….. 🙂 🙂 🙂

Ah dari pada bingung neh aku beritahu aja…: ? :

Geblek berasaal dari sari pati singkong atau biasanya disebut Pathi…

Pasti deh yang dari kampung khususnya Kulon Progo pada tau dah apa yang disebut pathi itu…

Kalo emang pada gak tau ya kebangetan buanget dah 😦

Nah untuk pembuatannya sendiri mudah banget kok, neh ane kasih tau dari ibu yang sudah lama menekuni bisnis ini serta melestarikan makanan khas Kulon Progo tercinta ini.

1. Pathi yang udah kita beli dari pasar (biasanya lho..) kita taruh pada sebuah tampah (wadah.red) dan kemudian kita sisir sampai halus dan tanpa menggumpal sama sekali. (mengurangi menjebluk (meledak) saat digoreng). 🙂

2. Setelah semua Pathi udah menjadi tepung, kemudian ambil sebagian dan campurkan dengan air secukupnya. (jangan terlalu encer) dan kemudian digoreng sampai setengah mateng aja ya. (mengurangi tangan tangan jahil biar ndak langsung dimakan.

:mrgreen:

3. Kemudian hasil dari yang digoreng tersebut kemudian disatukan dengan pathi yang masih di wadah tadi kemudian dicampur dan diulet ulet (diuleni) biar semuanya menyatu dan menjadi adonan yang kenyal.

4. Biasanya adonan ini belum kelihatan dan berasa kalis jadi ambil sebagian adonan dan goreng kembali sampai kira kira terasa panas aja dan dicampur kembali dengan sisanya dan ulangi jikalau adonan masih kurang kalis. 🙂 🙂 🙂

5. Nha….. Jika adonan dah mulai kalis, ambil sebagian dan bentuk sesuai dengan selera anda… 🙂

Bisa kayak sepur, jembatan, renteng 3, renteng 6, dan sak karep karepmu lah.

mungkin ini dulu aja artikel ini aku buat, maaf jika masih kurang serta tidak nyaman saat anda membacanya. 🙂 🙂 🙂

Untuk gambarnya belum bisa aku upload karena saat ini sendiri aku belum dirumah, kemaren pas pulang malah lupa mau photo photo prosesnya. 🙂

dan semoga ini bermanfaat untuk Anda semua dan..

I LOVE YOU KULON PROGO…….

eh aku tambahin dengan pasangannya ya…

langsung dengan yang masih mentah, mateng serta tambahan sengek tempe benguk…  🙂 🙂

🙂 🙂 🙂

NB : gambar hanya nyari nyari di mbah guggle……

Salam blogger Indonesia…………


Entries dan komentar feeds.